Bedah Mesin Honda Freed

Untuk sektor mesin Honda Freed termasuk tak mudah rewel. Hanya terdapat sedikit masalah. Biasanya busi NGK IZFR6K-13 laser iridium bawaan pabrik tidak kuat jika tangki bahan bakar diisi dengan bensin bersubsidi (premium-red).


"Gejalanya performa turun drastis. Tidak bisa lari lebih dari 120km/jam," ujar Rudy Solihin pemilik bengkel Ramayana Motor khusus Honda di bilangan Kedoya Jakarta Barat. Solusinya cukup mudah, tinggal ganti busi dengan tipe yang sama dengan bawaan pabrik.

Alternatif lain bisa juga menggunakan busi yang umum seperti NGK ZFR6K-11 seharga 100 ribu rupiah untuk 4 buah. "Imbasnya ke performa sedikit menurun dibandingkan kondisi normal, dan jika pakai busi tak sesuai spesifikasi pabrik akan lebih boros sedikit," tambah Rudy.

Masalah lain pada Honda Freed jika kita membersihkan throttle body saat tune up sendiri. Terkadang setelah selesai dibersihkan dan dipasang seperti semula, idle sedikit lebih tinggi dibanding keadaan normal. Normal 700 sampai 800 rpm dalam kondisi AC off, ketika terjadi idle error maka posisi jarum tachometer menunjukan angka 1000 rpm.  (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Hardi • Foto : DOK. OTOMOTIF

    0 komentar:

    Post a Comment