Kenali Pintu Sliding

Pintu jenis geser perlu perhatian ekstra pada saat merawatnya. Kebersihan rel dan karet harus dijaga. "Untuk bagian karetnya dapat disemprot silicone cair yang khusus untuk melumasi bahan karet," sebut Felix Teddy dari Gear Up Workshop di bilangan Rajawali Selatan Jakarta Pusat.


"Kalau bagian rel cukup oleskan gemuk (grease). Jangan terlalu banyak karena debu dan pasir serta kotoran lainnya mudah menempel di gemuk tersebut," tambah pria berpostur tinggi besar.

Cara mencegah kotoran supaya tak mudah masuk ke rel yakni jangan biarkan pintu terbuka jika memang tidak perlu. Hindari parkir di bawah terik matahari langsung karena mampu membuat karet menjadi mudah sobek dan getas.

Selain itu, banyak juga yang mengeluh pintu geser kadang berbunyi saat mobil berjalan. Meski bersuara kecil namun cukup mengganggu. Untuk menghilangkannya, lebih baik memanfaatkan jasa bengkel resmi. Sebab, pintu harus disetel. Sebab masalah ini tidak akan selesai hanya dengan menutup atau menambah ‘kondom' di tonjolan pada bagian depan pintu geser.

Kejadian pintu berbunyi ini akan mudah didapat pada mobil yang sering melewati jalanan dalam kondisi tak baik. (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Toncil, Hardy • Foto : Toncil

    0 komentar:

    Post a Comment