Pilih Pelek Honda Freed Perhatikan Lebar Dan Offset

Rabu, 30/06/10
Oto Tips Honda Freed


OTOMOTIFNET - Desain Honda Freed yang sporti cukup menggoda untuk memaksimalkan tampilannya, utamanya mengganti pelek. Sekilas ruang roda nampak sempit untuk disesaki spek roda yang agresif. Namun karakternya yang mirip New Jazz, ternyata cukup mudah jika ingin mengaplikasikan pelek diameter besar sekalipun. Asalkan tetap memperhatikan patokan yang direkomendasikan.

Soal model pelek, Freed yang punya kontur bodi menjurus racing sangat cocok mengaplikasi model pelek yang beraroma kompetisi. Namun, bukan berarti gaya elegan haram diterapkan.

Sudah banyak yang mengedepankan aliran berkelas ini. Khusus Freed yang berwarna asli cenderung gelap, paduannya bisa memilih model pelek yang agak menutup dengan finishing krom maupun polish. Diameter yang biasa dipakai ada di rentang 16 inci hingga 18 inchi.

Sedangkan untuk gaya racing, model palang banyak diminati. “Biasanya palang enam atau jari-jari,” ujar Amin Sutiono, bos toko pelek Autostyle. Diameternya pun tak lebih dari 17 inchi. Pilihan warnanya ada silver, putih, bronze atau hitam.

Pemakaian pelek tanpa mengorbankan komponen bodi asli masih sanggup mengakomodir diameter pelek hingga 18 inci. Sebagai permulaan, pahami dulu spek asli serta dimensi roda MPV medium ini.

Freed punya dimensi roda standar yaitu diameter pelek 15x5,5 inci dengan pasangan ukuran ban 185/65/R15. Teromolnya memiliki 4 lubang baut dengan ukuran PCD 100 dan offset standar belang, 48 mm di depan dan 45 mm di belakang. Spek teromol seperti ini memiliki cukup banyak pilihan pelek aftermarket dengan berbagai pilihan ukuran besar.

“Pelek 18 inci dengan lebar 7,5 inci masih bisa masuk tanpa ubahan,” yakin Amin. Lebih lanjut, dengan spek demikian pemilik gerai di kawasan Sunter, Jakut, ini merekomendasikan ukuran ban 205/45/R18 sebagai paduan yang ideal.

“Pakai lebar 8 inci juga bisa, tapi roda depan dibuat camber,” saran pria modis ini. Diyakini dengan dimensi seperti ini, tidak terlalu menyusahkan, apalagi merusak fender asli dan juga tidak mengganggu mekanisme geser pintu belakang.

Sebagai acuan, masih tersisa celah 4 jari antara permukaan terluar pelek standar dengan bagian paling dalam pintu geser belakang.

Jika ingin bermain aman, bisa pakai diameter pelek 16 inci atau 17 inci saja. Pelek diameter 16x6,5 inci bisa dipadukan dengan ban ukuran 205/55/R16, sedangkan untuk pelek diameter 17x7 inci bisa dipasangkan dengan ukuran ban 205/50/R17. Patokan offset yang diyakini dapat terpasang dengan sempurna adalah 48 mm ke atas untuk roda depan dan kisaran 38-40 mm di roda belakang. Dijamin bebas ngesrot!

Penulis/Foto: Anto / Dolok

    0 komentar:

    Post a Comment