Tambah Peredam Kabin Honda Freed Khusus Pecinta Audio

OTOMOTIFNET (Rabu, 12/05/10) - Meski sudah didesain dengan penuh perhitungan oleh pihak pabrikan Honda, tetap saja ada konsumen yang butuh akustik lebih pada kabin Honda Freed .

"Umumnya kabin terasa bising saat mobil melaju kencang. Mungkin karena mobilnya juga rendah, jadi efek road noise terdengar jelas di kabin," ungkap Hongyono, instalatur Prisma Autosound (PA), yang pernah melapis sekujur kabin Freed buat mengejar kabin lebih kedap suara.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Melapis panel kabin Freed perlu perhitungan, agar usaha melapisi dengan peredam tak mubazir. Menurut Ahong sapaannya, pelapisan bisa difokuskan di bagian bawah. Mulai dari lantai dasar di bawah dasbor (Gbr.1), sampai ke lantai kabin belakang. "Jadi harus bongkar jok dan karpetnya," tandas instalatur audio yang mangkal di kawasan Arteri Pondok Indah, Jaksel ini.

Pelapisan bagian lantai dasar kabin memakai peredam berbahan aspal, sebanyak satu lapis di seluruh bagian. Khusus di bagian roda harus dibikin lebih tebal sebanyak dua lapis (Gbr.2), untuk mengurangi bunyi dengung roda terutama saat melibas kontur jalan beton.

Biasanya para instalatur audio melapis panel pintu untuk mengurangi distorsi suara dari luar. Namun menurut Ahong, buat pemakaian harian lebih penting melapisi plafon ketimbang panel pintu. "Tujuannya buat mengurangi suara air hujan, karena bagian plafon punya Freed bahannya terlalu kosong," tambahnya.

Selain untuk mengurangi efek suara air hujan, pemasangan peredam di plafon juga difungsikan untuk meredam hawa panas saat kondisi terik. Untuk itu sebaiknya memakai dua macam material. Peredam berbahan aspal untuk menghalau suara berisik dari air hujan, dan yang berbahan alumunium buat meredam hawa panas berlebih.

Peredam alumunium ini seperti yang kerap dipakai pada atap bangunan. Modelnya berupa lembaran dan direkatkan setelah peredam aspal nempel di plafon. Sehingga panas lebih dulu terserap peredam aspal, sementara lapisan alumunium hanya bertugas menahan hawa panas agar tidak mudah masuk ke kabin.

Ada opsi lain memaksimalkan sound di kabin serta suara midbass. Dengan melapis panel pintu depan dan belakang. Khusus di bagian belakang, hati-hati saat membongkar trim dinding kabinnya. Sebab terdapat motor sliding door di dalamnya (Gbr.3). Bagian yang perlu dilapis hanya di sekitar motor elektriknya (Gbr.4).

Penulis/Foto: Anton / Anton

    0 komentar:

    Post a Comment